Contoh Teks Eksposisi


Bacaan 1

Dampak Negatif Industri
(1) Kita tahu bahwa kehidupan di dunia ini memerlukan keseimbangan yang tepat antara gas oksigen dengan gas karbon dioksida. Namun, keseimbangan itu berpotensi terganggu oleh industri. Apabila keseimbangan itu terganggu, akan kacaulah keberlangsungan semua bentuk kehidupan. Dunia tumbuhan setiap tahun menghasilkan 94 miliar ton gas oksigen. Sementara itu, jasad renik, hewan, dan manusia menghisap oksigen dan menghembuskan gas karbon dioksida ketika bernafas. Gas karbon dioksida ini dimanfaatkan tumbuhan sebagai bahan baku pembuatan gula, zat pati, selulosa, asam amino, dan lemak. Kesemuanya merupakan hasil tumbuhan yang ikut menunjang kehidupan manusia dan segala aktivitasnya.
(2) Sudah dimaklumi bahwa di dalam udara yang dihirup makhluk hidup itu kadar oksigennya 21 persen. Kadar yang selama ini tetap terpelihara. Namun, setiap tahun dunia industri menghabiskan 41 persen oksigen yang dihasilkan oleh tumbuhan untuk menggerakkan roda perindustrian itu. Kalau dituliskan di bilangan nyata, oksigen yang dihabiskan oleh industri sekitar 400 ton setiap menit yang diambil dari udara tanpa pengembalian. Meskipun bilangan itu cukup besar, memang belum sampai membuat kita sesak nafas. Hal itu disebkan oleh kekayaan oksigen bumi sekitar 1,2 miliar ton. Jika bumi kehilangan 400 ton setiap menit yang diambil industrinya, belumlah ada artinya.
(3) (a) Akan tetapi, harus diingat bahwa bersamaan dengan penyusutan oksigen bumi itu, udara juga terus dipasoki juga gas karbon dioksida oleh industry. (b) karbon dioksida yang kadarnya di dalam  udara selalu meningkat ini disebabkan oleh industri. (c) Hal ini lambat laun akan menghangatkan udara di atas bumi sehingga ada perkiraan bahwa dalam jangka waktu satu abad dari sekarang, daerah-daerah kutub akan terpanasi dan naik 10 derajat celcius. (d) Selain hawa akan terasa panas, permukaan air laut akan naik puluhan meter karena mencairnya es kutub.
(4) (a) Pengambilan oksigen dan pemasokan karbon dioksida kenyataannya telah mengganggu keseimbangan yang sudah ada meskipun pengaruhnya terasa sangat kecil. (b) Selain gas karbon dioksida, industri juga menyemburkan sejumlah besar debu partikel ke atmosfer bumi. (c) Partikel debu yang besar atau agak besar dalam waktu lama akan turun ke bumi atau terbawa hujan. (d) Sedangkan partikel yang ringan akan tetap melayang-layang di udara, membentuk semacam selimut yang menghambat pancaran panas (radiasi) dari permukaan bumi. (e) Akhirnya, sama saja bumi ini akan semakin panas. (f) Keadaan ini telah mulai dirasakan di daerah-daerah industri.
(5) Dengan demikian, pihak pengelola industri harus diperingatkan untuk turut serta menjaga keseimbangan penggunaan oksigen dan pemasokan oksigen dengan mengendalikan  emisi karbon dan debu.

Latihan:
1.  Tulislah isi dari bagian pembukaan teks eksposisi di atas!
2. Tulislah isi dari bagian tesis/pendapat teks eksposisi di atas!
3. Tulislah isi dari bagian argumen teks eksposisi di atas!
4. Tulislah isi dari bagian penutup teks eksposisi di atas!
5. Teks eksposisi di atas termasuk dalam teks eksposisi dua arah. Tunjukkanlah!
6. Bagian paragraf manakah dapat ditemukan:
    a. permasalahan
    b. argumen
    c. rekomendasi
7. Apa rekomendasi yang diajukan penulis? Apakah efektif, jelaskan alasanmu!
8. temukan kalimat fakta dan opini dari teks eksposisi di atas!  

Bacaan 2

Perbedaan Anak Laki-laki dan Perempuan

(1) Secara kodrati, pria dan wanita dilahirkan dengan membawa sejumlah perbedaan. Akan tetapi, faktor-faktor  yang membuat laki-laki berbeda daripada wanita, hingga kini belum seluruhnya terungkap. Yang jelas, perbedaaan antara kedua jenis manusia ini sesungguhnya tidak hanya terletak pada wujud fisik dan jenis kelamin. Selain itu, tentunya dilengkapi berbagai persamaan sebagai makhluk dari jenis manusia. Ada juga perbedaan dalam perilaku dan kemampuan dasar bernalar yang telah terjadi sejak masa kanak-kanak.

            (2) Untunglah, dengan hadirnya mesin pencitraan baru, para peneliti mulai paham, setidaknya dapat melihat perbedaan, bagaimana otak wanita dan pria secara actual berfungsi. Dengan hadirnya hasil teknologi baru seperti Functional Magnetic Resonance Imaging (FMRI) dan Positron Emission Tomografi (PET). Para peneliti dapat mengamati tinglah laku otak saat manusia merenung, merasakan, dan mengingat sesuatu.

            (3) Lebih jauh, kemampuan dasar intuisi terhadap tanda-tanda alam dan sikap dasar manusia wanita lebih tajam daripada pria. Wanita mempunyai kelebihan dalam ekspresi bahasa, misalnya dengan kata-kata halus. Mereka juga sabar dan telaten. Sementara itu, pria lebih banyak mengeluarkan kata-kata kasar, sumpah serapah, dan tidak sabaran. Oleh karena itu, olahraga keras semajam tinju, jarang diikuti wanita. Jenis olahraga ini didominasi oleh kaum pria.

            (4) Anak laki-laki berbeda dengan anak perempuan dalam hal selera, sikap, dan cara bergerak. Tanpa diajari sejak balita anak-anak senang bermain boneka dan perabot rumah tangga dari plastic. Sebaliknya, anak pria akan menyukai senjata, mobil, dan barang yang bergerak dinamis. Pada saat anak menginjak remaja atau dewasa , remaja putrid dan wanita dewasa lebih tertari pada hal-hal seperti rumah indah, tempat makan yang enak, dan took barang bagus dan rumah. Sementara itu, bagi remaja putra dan pria dewasa pada umumnya lebih tertarik pada hal-hal yang berkaitan dengan petualangan dan ekspresi ‘kekerasan’. Kaum wanita atau  remaja putriakan tertari pada perjalanan yang santai atau wisata ke tempat yang indah dan nyaman, dan melihat tari-tarian. Bagi kaum pria, lebih tertarik perjalanan mendaki, belokan yang menyeramkan, atau melihat balapan mobil.

            (5) Jelaslah bahwa selain fisik, jenis kelamin, dan perilaku,otak wanita dan pria juga berbeda.

            (6) Menurut keyakinan masyarakat ilmiah,otak wanita dan pria juga berbeda. Hipotesis  tentang perbedaan itu pertama kali diusulkan oleh simon levay, ahli  saraf di Salk Institute ketika ia menemukan perbedaan struktur otak wanita dan pria. Disusul dalam decade terakhir ini, para ahli saraf memperkuat penemuan perbedaan otak wanita dan pria. Meskipun masih bersifat sementara (tentatife)  dan ambigu, dalam arti bisa salah dan bisa benar, sebagian besar mereka mengakui adanya  sedikit perbedaan struktur otak. Secara anatomik, menurut para ahli, tidak ada perbedaan yang prinsip antara otak wanita dan pria. Susunan molekuler keduanya analog dan nyaris kembar identik. 
Latihan:
1. Susunan struktur teks eksposisi yng tepat adalah ...
2. Temukan inti dari pembukaan, tesis, argumen, penutup!
3. Adakah kalimat sumbang di setiap paragraf? buktikan dengan menuliskan kalimatnya!
4. Adakah paragraf yang menyimpang dalam teks eksposisi tersebut?
5. Tunjukkan konjungsi yang digunakan di dalam teks eksposisi di atas, dan jelaskan fungsinya! 

Bacaan 3



Remaja dan Pendidikan Karakter




Remaja adalah masa transisi dari masa anak-anak ke masa awal dewasa. Usia remaja berada pada kisaran usia 10 tahun sampai dengan 21 tahun. Pada masa itu remaja sedang mencari identitas dirinya. Oleh karena itu, remaja harus mendapat pendidikan karakter agar dapat mengarahkan minatnya pada kegiatan-kegiatan positif. Pendidikan karakter yang dapat diberikan pada remaja, antara lain, berperilaku jujur, kreatif, percaya diri, santun, dan peduli.
Pada masa gejolak itu merupakan masa sulit sehingga remaja memerlukan pengendalian diri yang kuat ketika berada di sekolah, di rumah, dan di lingkungan masyarakat. Dalam keadaan seperti ini, remaja membutuhkan orang dewasa untuk mengarahkan dirinya. Untuk itu, agar tidak terjerumus pada hal-hal negatif, remaja harus mempunyai pendidikan karakter. Pendidikan karakter ini dapat membentuk mereka menjadi remaja berprestasi. Di dalam pendidikan karakter mereka diajari nilai religius yang menguraikan kebaikan agar remaja tumbuh sebagai manusia yang peka pada lingkungan sosial. Di samping itu, mereka diajari juga nilai toleransi dan nilai cinta damai atau nilai-nilai kemanusiaan yang membentuk remaja mempunyai sifat pengasih, berbudi pekerti, dan cinta damai. Dalam pendidikan karakter itu mereka diajari juga nilai suka bekerja keras, kreatif, mandiri, dan mempunyai rasa ingin tahu yang tinggi yang dapat menjadikan remaja sebagai orang yang berprestasi.
Dengan demikian, nilai-nilai positif dalam pendidikan karakter itu dapat membentuk remaja yang unggul. Mereka akan bisa bersaing baik di tingkat nasional maupun tingkat internasional. Dengan begitu, remaja yang memiliki karakter kuat akan tumbuh sebagai remaja yang unggul dan dibanggakan karena sehat secara fisik, stabil dalam emosi, dan intelektualnya berkembang baik.

Bacaan 4

Masa Depan Ekonomi Indonesia Tahun 2030

Indonesia menjadi buah bibir pada waktu pelaksanaan Sidang Tahunan International Monetery Fund (IMF) atau World Bank (WB) 2012, Tokyo, 9-14 Oktober 2012 kemaren. Newsletter resmi yang dibagikan IMF pada seluruh peserta sidang mengambil satu topik khusus berkaitan dengan Indonesia. Media itu mengangkat hasil riset dari McKinsey dan Standart Chartered yang berpendapat bahwa ekonomi negara Indonesia akan melampaui Jerman dan Inggris pada tahun 2030.
Keyakinan itu pastinya beralasan. Indonesia diprediksikan mempunyai sekitar 90 juta jiwa yang berada di kelompok comsumming class. Angka itu ialah angka terbesar di dunia setelah China dan India. Indonesia sampai sekarang ini sedang berada pada laju transformasi yang pesat ke arah tersebut. Saat ini, ekonomi Indonesia berada pada posisi 16 dunia dengan pendapatan domestik nasional sebesar 846 Miliar dollar AS tahun 2011. Angka itu akan terus tumbuh hingg mencapai 1,8 triliun dollar AS mulai tahun 2017.
Berbagai perkembangan dari sidang akbar IMF di Tokyo pekan lalu mengingatkan kita tentang besarnya potensi Indonesia dan sempitnya momentum yang baik dilalui begitu saja karena kita begitu asyik dengan urusan lain, para investor tersebut tidak akan menjadi kenyataan. Tentunya pilihan pada di tangan kita semua sekarang ini.

 Bacaan 5
Fakta Hukum di Indonesia

Seharusnya hukum di Indonesia seperti yang sudah ditetapkan pada Undang-undang telah dengan tegas menetapkan hukuman bagi setiap pelaku tindak kriminal.
Meskipun begitu, realitanya acapkali sering terealisasikan ketidakadilan hukum yang bisa merugikan banyak pihak. Hukum mungkin dapat saja tegas, tetapi berubah sekejab menjadi tumpul pada saat dilaksanakan pada para koruptor, itulah yang terjadi saat sekarang ini.
Tidak termasuk rahasia umum lagi ketika para koruptor di Indonesia mendapatkan vonis hukuman yang levelnya tergolong tidak berat, dan ternyata juga ada koruptor yang menerima berbagai tunjangan fasilitas mewah meskipun sudah dinilai menyebabkan kerugian pada negara. kerapkali kita menyaksikan berita tentang seorang pencopet, maling dan penjambret dikeroyok massa sampai meninggal. tetapi, belum pernah kita mendapati berita para koruptor di Indonesia dihajar masa hingga benar-benar tewas.
Bisa dikatakan bahwa hukum di Indonesia menjadi tegas ketika dihadapkan rakyat kecil. misalnya masalah kasus yang sebelumnya dialami Nenek Asyani.
Kasusnya padahal sekedar disebabkan dituduh mencuri kayu, akhirnya ia menjadi terdakwa dengan masa hukuman dalam kurun 5 tahun penjara. Terus terang benar-benar ironi dan tidak bijak, ditambah lagi disamakan dengan hukuman yang akan didapatkan oleh para koruptor.


 Bacaan 6
Perubahan Kurikulum Pendidikan di Indonesia

Sekarang ini sistem pendidikan Indonesia mendapatkan pergantian yang sangat terasa. pergantian tersebut berkaitan dengan kurikulum yang dipakai dalam dunia pendidikan Indonesia. Yang tentu saja, kurikulum 2006 yang sudah cukup berumur dilaksanakan diganti dengan kurikulum 2013. Walaupun tidak seluruh sekolah menerapkan kurikulum itu.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) pada suatu waktu menjelaskan bahwa, kurikulum 2013 diprioritaskan pada setiap sekolah yang telah menjadi sekolah bertaraf Internasional atau terakreditasi A.
Daerah yang menjangkau distribusi buku juga termasuk bagian syarat kepada sekolah yang menerapkan kurikulum 2013. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) juga menerangkan bahwasanya kurikulum 2013 ini berorientasi pada pembentukan pengetahuan, sikap, , keterampilan, tingkah laku yang berlandaskan pada pendekatan ilmiah.
Tidak sekedar itu, kurikulum 2013 juga mengutamakan terhadap relasi antara proses pendidikan dengan rasa syukur kepada pemberian Tuhan Yang Maha esa pada ciptaannya yang telah dikasih karunia untuk mengolah dan memanfaatkan alam semesta ini. Terlebih lagi mendorong dalam proses belajar mengajar yang didahului dari mengamati, bertanya, menalar, dan mencoba atau membuat. Selaku wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Musliar Kasim berkata, bahwa Kurikulum 2013 lebih mengutamakan praktek dibandingkan dengan menghafal. Karena sampai saat ini, sistem hafalan banyak membebani murid yang malahan dianggap minim mengembangkan kreativitas.
Dengan Kurikulum 2013 ini juga, pemerintah memiliki tujuan menciptakan anak bangsa Indonesia yang inovatif, kreatif, aktif produktif dan afektif. Melalui kurikulum 2013 semua dari siswa diajarkan supaya mempunyai pengetahuan, keterampilan, karakter sikap dan tingkah laku.
Anggota Dewan Pertimbangan Presiden, Meutia Hatta berpendapat bahwasanya sistem pendidikan kurikulum 2013 ini memilki suatu visi dan misi dalam menghasilkan karakter generasi yang bermutu berkualitas, cinta tanah air dan negerinya.
Tidak sekedat itu saja, kurikulum 2013 juga mengutamakan keaktifan peran siswa melalui proses pembelajaran, oleh dengannya membuat generasi masa depan tetap memiliki jati diri sebagai negeri Indonesia yang berkualitas.
Meskipun begitu, tetap ada saja dari beberapa golongan masyarakat yang tidak menerima pelaksanaan kurikulum 2013 ini. pergantian kurikulum tersebut dianggap sangat tiba-tiba dan condong ada pemaksaan. Terlebih lagi, ada yang mengatakan kurikulum ini kurang fokus karena mengkombinasikan 2 mata pelajaran yang terdapat substansi pokok yang tidak sama. Meskipun pengajaran mata pelajaran akan dikemas lebih sederhana, nyatanya tingkat pemahaman dan pengetahuan yang akan didapatkan siswa akan menjadi menurun sebab semua mata pelajaran tersebut tidak diajarkan secara total dan dilakukan secara terpisah pisah.

Bacaan 7
Hindari Caleg Pelaku Korupsi

Partai politik yang mau bergabung dalam pemilihan umum, seharusnya memilki standar dalam menerima calon anggota legislatif yang ketat dan tegas.
Pemenuhan syarat calon wakil rakyat itu mesti gamblang dan dapat menjadi penyaring atau filter dalam menolak bakal wakil rakyat dengan riwayat hidup yang kurang baik sudah jadi. Misalnya, caleg yang terdapat track record kasus korupsi atau pelanggaran HAM, tidak direkrut sebagai calon calon legislatif. Hal tersebut menjadi krusial dalam meyakinkan calon anggota dewan itu sungguh-sungguh orang baik yang memiliki intregritas, kapabilitas dan kredibilitas. Pastinya saja setiap partai politik mempunyai mekanisme khusus berkaitan tentang fit and proper test. Kriterianya dapat saja tidak mirip untuk seluruh partai politik. Namun setidaknya, terdapat prinsip umum yang mesti dipakai seluruh partai politik untuk memilih dan merekrut anggotanya.
Hal ini menjadi krusial sebab berdasarkan hasil survey terdapat bukti, bahwa parlemen di tingkat pusat ataupun regional dianggap menjadi lembaga paling korupsi.
Hal ini dijelaskan oleh Wakil Sekretaris Jenderal Komite Independen Pemantau Pemilu (KIPP), Jojo Rohi, berkaitan dengan kriteria dalam memilih calon wakil rakyat oleh dari masing-masing partai politik yang nanti meraih suara rakyat melalui masing-masing pemilu.
penerapan kriteria caleg kriteria yang jelas dan tegas oleh masing-masing partai politik benar-benar diharapkan karena berhubungan dengan siapa saja pihak yang layak untuk direkrut menjadi calon wakil rakyat.
Anti korupsi termsauk hal primer yang harus dimasukkan dalam standar menfilter caleg. Sebab-akibatnya, caleg yang memiliki track record masalah korupsi tidak dapat direkrut menjadi caleg.
Tak hanya anti korupsi yang harus juga dipertimbangkan ialah pelanggar HAM, hal tersebut adalah termasuk dari bagian peninggalan reformasi yang sampai sekarang masih tidak rampung.
Caleg yang mempunyai rekam jejak pelanggar HAM dalam kasus apa pun sepatutnya tidak dipromosikan menjadi bakal caleg karena tugas wakil rakyat diantaranya ialah menjalankan advokasi kepada setiap pelanggaran-pelanggaran HAM dengan legislasi.



Bacaan 8



Manfaat Lidah Buaya
Semenjak zaman purbakala, nenek moyang kita sudah mengetahui tumbuhan lidah buaya beserta dengan manfaat yang ada dalam kandungannya. Manfaat tumbuhan yang memiliki nama latin Aloe Vera itu bukan  sekedar termasuk bahan perbaikan rambut, tapi  juga berguna untuk kesehatan tubuh pada manusia. Adapun ciri-ciri Lidah buaya diantaranya : bentuk daunnya panjang, tebal, dan warnanya hijau. Terdapat kandungan serat bening pada daunnya sebagai daging.
Meskipun semenjak dulu diketahui terdapat banyak manfaat, akan tetapi tidak banyak orang yang tahu jika tumbuhan tersebut dapat sebagai komoditas yang cukup membawa keuntungan. Beberapa peneliti menambahkan terdapat banyak manfaat yang berasal dari tanaman serba guna tersebut. Pada bagian di bawah ini akan dirangkum  berkaitan tentang manfaat lidah buaya ini.
1. Bebeberapa Bagian dari tanaman ini bisa diubah menjadi obat yang sangat baik untuk membantu proses pemulihan pada luka. Lidah buaya dianggap sangat bagus dalam memulihkan bekas luka, luka bakar serta luka disebabkan cedera.
2. Lidah buaya juga terkenal akan sifat anti-inflamasinya. Maksudnya ialah, tumbuhan tersebut memiliki keunggulan dalam proses memperlambat peradangan disebabkan terdapat adanya asam lemak yang menumpuk. mengusapkan gel lidah buaya mampu menolak atau mencegah peradangan karena adanya cedera, disfungsi kekebalan tubuh, dan contoh lainnya.
3. Membantu melancarkan pencernaan dan mendukung detoksifikasi tubuh. Tidak sekedar itu saja, lidah buaya termasuk pencahar yang efektif dan benar-benar menolong ketika kita bermasalah dengan sembelit.
4. Pada Lidah buaya terdapat efek anti bakteri serta anti jamur. Sifat tersebut menjadikan lidah buaya termasuk dari produk sehat yang alami, antioksidan yang cukup kuat, menolak radikal bebas dan membuat tubuh terlindungi.
5. Gel ataupun jus yang berasal dari tanaman lidah buaya ditinjau secara tradisional dipakai menjadi obat bagi diabetes, dikarenakan sifatnya yang mampu merendahkan kadar gula di dalam darah manusia.
Sudah cukup gamblang, lidah buaya tidak sekedar bermanfaat untuk  ramuan penyubur rambut, tapi juga bisa menjadi makanan alami yang sehat. nyatanya persediaannya di alam ini sangat melimpah bagi kita.

 Bacaan 9
Kebersihan di Lingkungan Kerja

Kebersihan di tempat kerja termasuk dari beberapa diantara faktor utama supaya terwujudnya kenyamanan dalam bekerja. Tak hanya itu, keindahan serta kebersihan disekeliling lingkungan kerja juga dapat berpengaruh pada prestasi kerja seorang individu. Sepantasnya, kebersihan lingkungan  kerja patut ditekankan ke masing-masing karyawan. Metode yang sangat  simpel ialah dengan membuang sampah (plastik, kertas, kertas cartoon dll) menuju tempat pembuangan sampah, lalu setelah jam kerja membersihkan ruangan yang digunakan sebagai tempat kerja.
Pembagian tugas piket harian telah menjadi beberapa metode yang diaplikasikan dalam menjaga kebersihan lingkungan tempat bekerja. Masing-masing karywan yang sudah diberi tugas pada biasanya mengerjakan tugas berdasarkan yang sudah disetujui bersama. Contohnya menyapu ruang kerja, mengambil suatu kotoran di meja kerja, membersihkan kaca dan mengepel lantai. di masing akhir pekan juga rutin dilaksanakan piket bersama-bersama dengan membersihkan semua sudut area ruang kerja.
Kebersihan lingkungan kerja tidak dapat dipisah dari kehidupan kerja seseorang, sebab hal tersebut termasuk faktor utama untuk menjaga kesehatan dan kenyamanan di lingkungan kerja.
Serta juga, bekerja merupakan diantara manifestasi ibadah dan menjaga kebersihan ialah termasuk dari karakter orang beriman. Oleh karena itu, apabila seseorang bekerja disertai juga menjaga kebersihan tempat kerjanya maka dia akan terlihat baik di hadapan Tuhan dia.


 Bacaan 10
Kemacetan dan Masa Depan Kota
          Transportasi didefinisikan oleh para ahli sebagai kebutuhan turunan dari berbagai kegiatan ekonomi maupun sosial (lihat misalnya Morlock, 1985). Tipe kegiatan sosial ekonomi yang berbeda akan memiliki dampak kegiatan transportasi yang berbeda pula.
         Kegiatan transportasi harian relatif menimbulkan pergerakan yang bersifat berulang, misalnya yang terjadi pada para pekerja dan mereka yang menempuh pendidikan di sekolah. Di Yogyakarta, kota kita tercinta ini, kemacetan terjadi setiap hari pada titik-titik yang menjadi jalur pergerakan para pekerja dan siswa dari tempat tinggal menuju lokasi kerja dan sekolah. Di bagian utara, termasuk Sleman misalnya, kemacetan setiap pagi dan sore dapat dirasakan misalnya pada ruas Jalan Nyi Condrolukito (AM Sangaji), Jalan Affandi (Gejayan), serta Jalan Kaliurang terutama pada persimpangan dengan Jalan Lingkar Utara. Hal yang sama terjadi pada wilayah lain yang memiliki para pekerja dan anak sekolah relatif besar di Kota Yogyakarta, misalnya Bantul. Seperti diketahui, ketiga wilayah ini memiliki keterkaitan kegiatan sosial ekonomi yang erat, yang membentuk aglomerasi wilayah Yogyakarta-Sleman-Bantul (Kartamantul).
         Kemacetan yang berulang pada jangka lebih panjang cenderung terjadi pada musim liburan maupun lebaran. Pada tahap kedatangan dan kepulangan, kemacetan parah akan terjadi pada jalan-jalan arah luar kota (misalnya Jalan Magelang, Jalan Solo, Jalan Palagan dan Jalan Wates). Pada rentang di antara masa tersebut, kemacetan dapat dirasakan di pusat kota sebagai lokasi menginap dan tujuan wisata (seperti Malioboro, Prawirotaman), serta jalan-jalan menuju objek wisata, seperti Jalan Parangtritis.
         Kemacetan harian yang dominan ditimbulkan oleh aktivitas masyarakat dalam lingkup internal. Kemacetan yang berulang setiap hari merupakan ekses dari pola tempat tinggal, bekerja dan bersekolah. Upaya mendekatkan lokasi tempat tinggal dengan lokasi kegiatan merupakan salah satu solusi yang dapat dilakukan. Bentuknya dapat berupa pemberian insentif tempat tinggal berupa rumah susun sewa maupun milik yang cukup nyaman untuk beraktivitas. Selama ini sepertinya belum ada upaya pengaturan pola berkegiatan yang sistematis.

 

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Teks Anekdot

Laporan Hasil Observasi (Pengertian, Struktur, Ciri Kebahasaan)

Teks Cerita Rakyat